PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PETEKEYAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi pembelajaran yang kurang menarik dan model pembelajaran tidak beragam. Fokus penelitian ini pada aktivitas belajar siswa dengan menggunkan model pembelajaran Word Square. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh model pembelajaran word square terhadap aktivitas belajar IPA kelas IV SD Negeri 1 Petekeyan tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri 1 Petekeyan dengan subjek/populasi dalam penelitian berjumlah 18 siswa yang terdiri dari 9 lai-laki dan 9 perempuan. Penelitian ini dilaksanan selama 3 kali pertemuan. Terdapat 2 jenis variabel dalam penelitian ini yaitu variabel dependen dan independen. Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu aktivitas belajar siswa, sedangkan variabel independennya adalah model pembelajaran Word Square. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal esai. Instrumen penlitian yang digunakan yaitu soal pretest dan posttest yang berjumlah 20 butir. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 23.0 yang meliputi uji validias dan reliabilitas, uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aktivitas belajar siswa pada saat pretest menunjukkan nilai rerata sebesar 43,66 sedangkan, saat posttest (menggunakan model pembelajaran) hasil nilai rerata yang diperoleh siswa sebesar 83,00. Kenaikan hasil belajar pretest dengan posttest sebesar 39,34. Perbedaan ini diperkuat dengan uji-t diperoleh nilai signifikan (2-tailed) < 0,05 atau 0,000 < 0,005 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Word Square terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA.