PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 4 KALIAMAN KEMBANG JEPARA PADA MASA PEMBELAJARAN NEW NORMAL
Daftar Isi:
- Kompetensi pedagogik guru yang belum maksimal dan rendahnya hasil belajar peserta didik terjadi pada pelajaran matematika kelas IV SDN 4 Kaliaman Kembang Jepara. Hasil nilai pada PTS Semester I TP 2021/2022 menunjukkan bahwa 18 dari 32 peserta didik memperoleh nilai di bawah KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Tingkat kompetensi pedagogik guru kelas IV SDN 4 Kaliaman; 2) Hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SDN 4 Kaliaman; 3) Pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SDN 4 Kaliaman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis ex-post facto, dengan menggunakan sampel jenuh karena jumlah populasi 32 peserta didik digunakan seluruhnya dalam pengambilan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji linieritas, dan uji homogenitas. Data yang memenuhi persyaratan kemudian dianalisis dengan uji regresi linier sederhana, uji F, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) Kompetensi pedagogik guru kelas IV SDN 4 Kaliaman berada pada kategori sedang dengan presentase 75%; 2) Hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SDN 4 Kaliaman berada pada kategori sedang, presentasenya 62,5%; 3) Hasil uji analisis linier sederhana menunjukkan nilai konstanta sebesar 17,460 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,985. Sementara itu hasil uji F menunjukkan besarnya nilai Fhitung > Ftabel yaitu 38,641 > 4,16 dengan taraf signifikansi < 0,05 yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Besarnya pengaruh yang diberikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar matematika dapat dilihat dari hasil uji koefisen determinasi yang menunjukkan hasil sebesar 0,563 yang dapat diartikan ahwa kompetensi pedagogik guru berpengaruh sebesar 56% terhadap hasil belajar matematika yang diperoleh peserta didik. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar matematika pesera didik kelas IV SDN 4 Kaliaman. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan konstribusi ilmu dalam pembelajaran matematika di SD. Bagi guru disarankan agar berusaha meningkatkan kompetensi pedagogik yang dimilikinya. Bagi peserta didik diharapkan dapat meningkatkan semangat belajar agar memperoleh hasil belajar yang baik. Bagi penelitian selanjutnya hendaknya melakukan penelitian lebih lanjut guna memperluas hasil penelitian ini.