PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI JARAK WAKTU DAN KECEPATAN KELAS V
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Menganti. Berdasarkan hasil pra penelitian melalui wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti di kelas V SDN 3 Menganti pada bulan Oktober 2021 diketahui bahwa belum semua siswa memahami konsep Matematika materi jarak, waktu dan kecepatan sehingga berakibat pada hasil belajar yang rendah. Hal itu disebabkan oleh (1) proses pembelajaran masih menggunakan metode konvensional (2) penyampaian materi hanya verbal dengan dituntut hafalan rumus-rumus yang abstrak. (3) keterbatasan bahan ajar yang mendukung keterlaksanaannya pembelajaran, siswa kelas V tidak menggunakan buku ataupun LKPD. Sehingga diperlukan sebuah pengembangan bahan ajar disesuaikan dengan taraf perkembangan siswa agar dapat meningkatkan hasil belajar Matematika. Bahan ajar yang dikembangkan berupa Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Contextual Teaching and Learning. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry. Prosedur penelitian ini meliputi analysis, design, development, implementation dan evaluation. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Validasi produk dilakukan oleh dosen ahli Matematika dan ahli praktisi pembelajaran SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis Contextual Teaching and Learning dinyatakan valid oleh dosen ahli Matematika 81,25% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan ahli praktisi pembelajaran SD 92,1% dengan kriteria sangat valid. Kepraktisan LKPD diperoleh dari respon siswa memperoleh 82,9% dengan katagori sangat praktis. Keefektifan diperoleh dari uji T-tets menunjukkan nilai sig 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan LKPD berbasis Contextual Teaching and Learning. Pengembangan ini perlu adanya tindak lanjut agar LKPD dikembangkan kembali hingga uji coba kelompok besar agar dapat diproduksi secara masal sebagai bahan ajar Matematika di sekolah.