Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang muncul dalam proses pembelajaran di kelas IV SDN 1 Jondang diantaranya: siswa belum berani untuk menyampaikan pendapat, kurangnya interaksi aktif antara siswa dengan siswa atau siswa dengan guru, selain itu pembelajaran matematika juga belum mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Masalah tersebut mengakibatkan rendahnya motivasi belajar matematika siswa kelas IV SDN 1 Jondang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas IV semester 1 melalui penerapan pendekatan Team Games Tournament (TGT) pada materi pecahan di SDN 1 Jondang Kedung Jepara tahun pelajaran 2020/2021. Pendekatan Team Games Tournament (TGT) suatu pendekatan pembelajaran dan pengajaran yang mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan permainan dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai individu, anggota (keluarga, masyarakat dan bangsa). Dengan pendekatan Team Games Tournament (TGT) proses belajar mengajar akan lebih kongkret, lebih menyenangkan dan lebih bermakna.