ANALISIS PENGARUH PELAYANAN, FASILITAS, DAN KEPERCAYAAN TEHADAP KEPUASAN NASABAH PD. BPR BANK JEPARA ARTHA

Main Author: WULANSARI, INDRI
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/424/1/HAL.PNGESHAN%20SKRIP%20OK.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/424/2/skriipBab%201-5%20BAR%20UJIAN%202013..pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/424/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • PD.BPR BANK JEPARA ARTHA merupakan salah satu perusahaan jasa atau perbankan yang bertujuan untuk membantu dan mendorong pertumbuhan perekonomian dan pembangun daerah di segala bidang maupun meningkatkan vii pendapatan asli daerah dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat.Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pelayanan, fasilitas dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah. Populasi dalam penelitian adalah jumlah semua nasabah PD.BPR Bank Jepara Artha pada bulan november tahun 2012 sebanyak 8877 nasabah. Pengambilan sampel ditentukan dengan metode purposive sampling yaitu sebanyak 99 responden. Yang kemudian diolah dengan bantuan program SPSS dan dianalisis dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji F dan uji t (parsial). Persamaan regresi Y= 0,480X1+ 0,298X2 + 0,200X3 berarti menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi untuk variabel pelayanan, fasilitas dan kepercayaan semuanya berpengaruh positif. Pada uji hipotesis F, karena F hitung 66,412 lebih besar F tabel 2,68 berarti bahwa secara bersama-sama variabel independen (pelayanan, failitas dan kepercayaan) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen (kepuasan nasabah). Untuk variabel pelayanan t hitung 6,048 > t tabel 1,658 berarti bahwa pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, variabel fasilitas t hitung 4,356 lebih besar t tabel 1,658 berarti bahwa fasilitas terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, variabel kepercayaan thitung 2,577 > t tabel 1,658 berarti bahwa kepercayaan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Dapat disimpulkan dari ketiga variabel independen tersebut yang berpengaruh paling dominan terhadap kepuasan nasabah PD.BPR Bank Jepara Artha adalah variabel pelayanan.