Daftar Isi:
  • Penelitian ini di latar belakangi oleh menurunnya motivasi belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh orang tua kurang bahkan tidak memberikan perhatian secara maksimal kepada anaknya karena jarang dirumah. Fokus penelitian ini adalah mengetahui hubungan perhatian orang tua dengan motivasi belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas V SDN 2 Slagi tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis pendekatan korelasi. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 2 Slagi dengan subjek atau populasi dalam penelitian ini berjumlah 26 siswa. Terdapat dua jenis variabel dalam penelitian ini yaitu variabel independen dan variabel dependen. Variabel independen dalam penelitian ini perhatian orang tua, sedangkan variabel dependennya adalah motivasi belajar. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan SPSS Statistik 20 yang meliputi uji validitas, reliabilitas, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa. Pada uji hipotesis Coeffcients bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 5,091 > 0,684, dan nilai signifikansinya 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Koefiensi determinasinya sebesar 0,519 atau 51,9%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas V SDN 2 Slagi.