Daftar Isi:
  • Permasalahan pada penelitian ini dilatar belakangi oleh pola asuh orang tua dalam menumbuhkan disiplin belajar dan tanggung jawab siswa kelas V dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pola asuh orang tua dalam menumbuhkan disiplin belajar dan tanggung jawab pada siswa kelas V. Penelitian ini berujuan untuk mendeskripsikan tentang pola asuh orang tua, sikap dan periluku disiplin belajar pada siswa, sikap dan perilaku tanggung jawab pada siswa, faktor yang mempengaruhi pola asuh orang tua dalam menumbuhkan disiplin dan tanggung jawab pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah SDN 06 Bangsri Jepara Pemilihan subjek penelitian menggunakan sampling jenuh dengan jumlah 28 siswa beserta orang tua. Metode pengumpulan data dilakuakan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi yang dilengkapi dengan daftar pertanyaan. Analisis data dilakuakan melalui tahap reduksi data penyajian data, verifiksi serta penarikan kesimpulan. Validasi data diperoleh denagan metode trigulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa di kelas V terdiri dari 12 laki-laki dan 16 perempuan. Pada umumnya orang tua siswa menggunakan tiga pola asuh yaitu otoriter, demokratis, dan permisif. Rata-rata siswa sudah memiliki sikap dan perilaku disiplin belajar dan tanggung jawab di rumah, di sekolah, dan di masyarakat. Faktor yang memengaruhi menumbuhkan disiplin dan tanggung jawab pada siswa adalah dalam diri orang tua dan dalam diri anak.