ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT UNTUK MEMPEROLEH KARTU JAMKESDA DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN JEPARA
Main Author: | LISDIANA, IDA |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/421/1/COVER.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/421/2/BAB%201.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/421/3/BAB%20II.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/421/4/BAB%20III.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/421/5/BAB%20IV%26V.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/421/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Salah satu indikator keberhasilan pemerintah adalah kemampuan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat sebagai pelanggannya, maka kepuasan masyarakat harus diutamakan meskipun untuk masyarakat yang secara ekonomi kurang beruntung. Sehingga penelitian ini membahas “ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT UNTUK MEMPEROLEH KARTU JAMKESDA DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN JEPARA”. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati secara individu maupun bersama-sama terhadap kepuasan masyarakat untuk memperoleh kartu Jamkesda. Obyek penelitian yang dipilih adalah masyarakat yang sedang mencari kartu Jamkesda di Dinas Kesehatan kabupaten Jepara sebagai sample / responden yang diambil dengan metode accidental sampling sebanyak 88 orang. Data primer yang digunakan diperoleh dengan kuesioner kemudian dilakukan analisis dengan menggunakan teknik analisis korelasi dan regresi berganda. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, variabel bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat untuk memperoleh kartu jamkesda di Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara baik secara individual maupun secara simultan. Variabel yang paling berpengaruh dalam penelitian ini adalah Bukti fisik untuk itu disarankan agar memperhatikan bangunan fisik pelayanan kartu jamkesda dari segi tampilan dan kondisi diupayakan relative bagus dan luas, sarana parkir yang luas dan aman, ruang tunggu yang baik, tata ruang yang nyaman, aman dan sejuk, kursi tunggu yang baik, tersedia sarana informasi tentang prosedur, syarat dan ketentuan-ketentuan lain dalam mengurus kartu Jamkesda yang bisa dibaca dan dimengerti dengan jelas, toilet yang bersih dan baik, sistem antri yang cepat, tepat dan baik, petugas yang cukup, senyum, sabar dan menyenangkan.