Daftar Isi:
  • Setiap tahun mahasiswa yang kuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara semakin meningkat, akan tetapi setiap tahun Indek Prestasi Kumulatif (IPK) antara 3,00-4,00 mengalami penurunan. Untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa maka diperlukan semangat belajar, karena dengan semangat akan mendorong mahasiswa untuk belajar lebih baik daripada belajar tanpa semangat. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi semangat belajar. Oleh karena itu, dilakukan penelitian “ANALISIS PENGARUH FAKTOR KEMAMPUAN DOSEN, MOTIVASI BELAJAR EKSTRINSIK DAN INTRINSIK MAHASISWA, SERTA LINGKUNGAN BELAJAR MAHASISWA TERHADAP SEMANGAT BELAJAR MAHASISWA” (Studi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNISNU Jepara). Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh faktor kemampuan dosen, motivasi belajar ekstrinsik dan intrinsik mahasiswa, serta lingkungan belajar mahasiswa terhadap semangat belajar mahasiswa. Populasi penelitian adalah mahasiswa aktif prodi Manejemen dan Akuntansi angkatan 2011, 2012, dan 2013 sebanyak 614 mahasiswa. Sampel penelitian ini sebanyak 86 mahasiswa perhitungan menggunakan rumus Slovin, dan menggunakan metode proportional sampling. Alat analisis penelitian meliputi : regresi berganda, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis. Dari analisis regresi diperoleh persamaan Y = 5,481 + 0,278 + 0,823 + 0,647 + 0,987 mengandung arti bahwa variabel kemampuan dosen, motivasi ekstrinsik, motivasi intrinsik dan lingkungan belajar berpengaruh positif terhadap semangat belajar. Berdasarkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,659 menunjukkan 65,9% perubahan semangat belajar dipengaruhi kemampuan dosen, motivasi ekstrinsik, motivasi intrinsik dan lingkungan belajar, sedangkan 34,1% disesbabkan oleh indikator lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Ada pengaruh antara masing-masing variabel terhadap semangat belajar dikarenakan masing-masing variabel lebih besar dari (1,665). Secara bersama-sama terdapat pengaruh signifikan antara kemampuan dosen, motivasi ekstrinsik, motivasi intrinsik dan lingkungan belajar terhadap semangat belajar, dibuktikan lebih besar dari ( 39,658 > 2,49 ).