Daftar Isi:
  • Strategi komunikasi pemasaran yang dijalankan R-Lisa FM yaitu melalui proses kegiatan periklanan, pemasaran langsung, promosi penjualan, penjualan personal, pemasaran interaktif, hubungan masyarakat, dan strategi program acara. Dari strategi-strategi tersebut tidak efektif untuk menjaring pemasang iklan, yaitu dilihat dari jumlah pemasang iklan dan pendapatan yang semakin menurun. Jumlah pemasang iklan dan pendapatan radio R-Lisa FM mulai tahun 2012 sampai tahun 2014. Pada tahun 2012 sebanyak 275 pemasang iklan, tahun 2013 sebanyak 247 pemasang iklan, tahun 2014 sebanyak 216. Pendapatan R-Lisa FM tahun untuk iklan nasional tahun 2012 sejumlah Rp. 67.819.000, tahun 2013 sejumlah Rp. 53.215.000, tahun 2014 Rp. 47.185.000, untuk iklan regional tahun 2012 sejumlah Rp. 56.157.000, tahun 2013 sejumlah Rp. 42.520.000, tahun 2014 sejumlah Rp. 40.800.000, dan untuk iklan lokal tahun 2012 sejumlah Rp. 304.470.000, tahun 2013 sejumlah Rp. 294.405.000, tahun 2014 sejumlah Rp. 285.005.000 Data diolah dengan menggunakan tehnik pengambilan sampel purposive sampling pada manager radio, marketing radio, dan pemasang iklan diwilayah lokal, regional, nasional. Kemudian dilakukan wawancara terhadap sampel yang sudah ditentukan.