Daftar Isi:
  • Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1)Bagaimana Psikologis siswa dalam kelas terpisah antara laki-laki dan perempuan di Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara? (2)Bagaimana prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas IX siswa Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara? (3)Bagaimana pengaruh Psikologis siswa dalam kelas terpisah antara laki-laki dan perempuan terhadap prestasi belajar mata pelajaran Akidah akhlak siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara? Tujuan dari penelitian yang penulis lakukan adalah: (1)Untuk mengetahui Psikologis siswa dalam kelas terpisah antara laki-laki dan perempuan di Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara, (2)Untuk mengetahui prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara (3)Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Psikologis siswa dalam kelas terpisah antara laki-laki dan perempuan terhadap prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas IX siswa Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, angket dan dokumentasi. Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2015-2016 yang berjumlah 325 siswa. Karena jumlah populasi lebih dari seratus, maka peneliti mengambil sampel kelas IX sebanyak 48 siswa untuk dijadikan subyek penelitian. Sedangkan analisis uji hipotesis menggunakan “korelasi product moment”. Dari pembahasan teori dan hasil penelitian serta analisis data, maka penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut: (1)Bahwa Psikologis siswa dalam kelas terpisah antara laki-laki dan perempuan yang diterpkan di MTs. Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara termasuk baik, hal ini dibuktikan dari analisis data hasil angket mempunyai mean (ratarata) bernilai 76,95 berada pada interval 62–80. (2)Bahwa prestasi belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas IX MTs. Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara termasuk kategori baik sekali, hal ini dibuktikan dari analisis data hasil angket mempunyai mean (ratarata) bernilai 84,91 berada pada interval 81–100. (3)Terdapat pengaruh positif yang signifikan Psikologis siswa dalam kelas terpisah antara laki-laki dan perempuan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran aqidah akhlak siswa kelas IX MTs. Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2015-2016. hal ini dibuktikan dari penilaian koefesien product moment empiiris r hitung [ro]=0,412 yakni lebih besar dari r tabel [rt] yang ada tabel korelasi product moment pada taraf signifikansi 5% (0,266) dan taraf signifikansi 1% (0,345). Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan dalam bab I terbukti dan diterima.