Daftar Isi:
  • Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana tingkat perhatian siswa terhadap Hidden Curriculum yang dikembangkan Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bawu Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2014 / 2015, (2) Bagaimana tingkat pengalaman akidah akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bawu Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2014 / 2015, (3) Adakah korelasi antara tingkat siswa tentang Hidden Curriculum peningkatan pengalaman akidah akhlak diMadrasah Ibtidaiyah Negeri Bawu Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2014 / 2015 ? Tujuan dari penelitian yang penulis lakukan adalah : (1) untuk mengetahui upaya dalam menerapkan Hidden Curriculum di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bawu Batealit Jepara, (2) untuk mengetahui sejauh mana pengalaman materi akidah akhlak kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bawu Batealit Jepara ,(3) untuk mengetahui korelasi antara tingkat perhatian siswa tentang Hidden Curriculum dalam peningkatan pengamalan materi akidah akhlak kelas 2 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bawu Batealit Jepara. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan dokumentasi. Adapun jumlah populasi adalah seluruh siswa kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bawu Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015, yang berjumlah 148 siswa. Sampel yang diambil adalah 148 siswa, analisis uji hipotesis menggunakan korelasi product moment. Dari pembahasan teori dan hasil penelitian serta analisis data yang telah diuraikan , maka penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut : (1)tingkat perhatian siswa terhadap Hidden Curriculum yang dikembangkan Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bawu Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2014 / 2015 diketahui sebesar 4,021 dapat dikatakan sangat baik,(2) tingkat prestasi hafalan Hidden Curriculum yang dikembangkan Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bawu Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2014 / 2015 dapat dikatakan sangat baik yaitu sebesar 4,175 (3)tingkat perhatian siswa tentang Hidden Curriculum dalam peningkatan pengamalan materi akidah akhlak kelas 2 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Bawu Batealit Jepara.,mempunyai pengaruh yang positif. Hal ini terbukti bahwa r observasi ( 1,994 ), lebih besar dari r tabel pada taraf signifikasi 5% (0,220) dan r observasi (0,286), lebih besar dari r tabel 1% (1,99), sementara interpretasi keeratan antara kedua vareabel tersebut adalah cukup kuat ,yaitu kisaran > 0,40 - < 0,70 .