Daftar Isi:
  • Peranan guru PAI sangatlah penting terhadap perkembangan emosi dan spiritual anak didiknya di sekolah. Guru PAI memberikan pengarahan dan bimbingan dalam menididk siswa agar menjadi manusia yang berakhlaq mulia. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimanakah peran Guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak di SMP Nurul Amal Keling. (2) Bagaimanakah peran Guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan spiritual anak di SMP Nurul Amal Keling. (3) Bagaimanakah bentuk pengembangan kecerdasan emosional dan spiritual anak di SMP Nurul Amal Keling. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field study research) yang bermaksud mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang dan interaksi suatu sosial, individu, kelompok, lembaga, dan masyarakat. Hasil penelitian di lapangan Peran Guru PAI Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Dan Spiritual Anak di SMP Nurul Amal Keling tergolong baik, dengan berbagai cara yang dilakukan mulai di antara dengan penanaman rasa empati, sikap hormat, mengungkapkan dan memahami perasaan, mengelola emosi, kemampuan menyelesaikan masalah antar pribadi, keramahan, motivasi, kemandirian, ketekunan dan kemampuan menyesuaikan diri. dan bentuk pengembangan kecerdasan spiritual di antaraaya kegitan rutin melaksanakan shalat lima waktu, shalat dhuha di mesjid, Pelafalan Asmaul Husna, Membaca Do’a sebelum dan sesudah belajar, Sholat Dzuhur Berjama’ah, Tadarus Al-Qur’an pada saat Jam kosong, Berjabat tangan dan mengucap salam. Peran guru dalam melaksanakan kecerdasan emosional dan spiritual di SMP Nurul Amal Keling sudah cukup baik dan terlaksana sesuai dengan wawancara bersama guru di SMP Nurul Amal Keling serta yang peneliti lihat di lapangan.