PENGARUH PEMBELAJARAN KHATH (Kaligrafi) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS AL-QUR’AN SISWA DI MTS NURUL ISLAM KRIYAN KALINYAMATAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Daftar Isi:
- Kecermatan dan ketelitian seseorang yang ingin menjadi khattat sangat dibutuhkan untuk menerima keterangan dan gambaran materi pelajaran kaligrafi. Tidak sedikit siswa di MTs Nurul Islam yang tidak melanjutkan latihan kaligrafi, walaupun masih mengaguminya. Berbagai alasan yang diungkapkan, seperti bosan, lelah, banyak kegiatan lain sehingga tidak punya waktu untuk belajar kaligrafi, kecewa karena tidak mengalami peningkatan kualitas tulisan, atau bahkan kalah dalam ajang kompetisi, dan berbagai alasan lainnya. Minat yang dimaksud disini adalah kecenderungan dalam diri siswa untuk tertarik menulis ayat-ayat al-Quran sebagai proses latihan yang kompeten. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana tingkat pembelajaran Khath (Kaligrafi) di MTs Nurul Islam Kriyan Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015? 2) Bagaimana tingkat keterampilan menulis al-Qur’an siswa MTs Nurul Islam Kriyan Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015? Dan 3) Bagaimana pengaruh pembelajaran Khath (Kaligrafi) dalam meningkat-kan keterampilan menulis al-Qur’an siswa di MTs Nurul Islam Kriyan Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dimana data penelitian yang didapatkan berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Dikarenakan dalam penelitian ini terdapat satu variabel bebas dan satu variabel terikat maka teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data statistik regresi sederhana. Kajian ini menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran Khoth (Kaligrafi) di MTs Nurul Islam Kriyan Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 masuk dalam kategori baik. 2) Keterampilan menulis al-Qur’an siswa MTs Nurul Islam Kriyan Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015 masuk dalam kategori baik. Dan 3) Pembelajaran Khoth (Kaligrafi) tidak berpengaruh signifikan dalam meningkatkan keterampilan menulis al-Qur’an siswa di MTs Nurul Islam Kriyan Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015.