MODEL EVALUASI MATA PELAJARAN FIQH SISWA KLAS IV MI MATHOLI’UL HUDA BUGEL KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015-2016
Daftar Isi:
- Latar belakang judul adalah pelaksanaan evaluasi penilaian pada kenyataanya yang dilaksanakan masih ditemuai berbagai masalah yang secara tidak langsung menghambat dalam memperoleh data (nilai). Hal ini mengingat bahwa masih rendahnya sumber daya manusia dalam hal ini adalah guru dan prasarana pendukung yang kurang maksimal. Guru yang menjadi faktor terpenting dan menentukan keberhasilan suatu pelaksanaan evaluasi pembelajaran harus mampu merumuskan unsur-unsur penilaian dengan baik. Profesional merupakan syarat yang harus dimiliki seorang guru, sebab guru harus mampu mengevaluasi serta mengolah nilai sehingga tahu tindaklanjut apa yang kemudian diambil untuk fase berikutnya. Penilaian mata pelajaran Fiqh merupakan kurikulum pendidikan agama Islam yang mempunyai peran penting dalam fondasi keberagamaan, oleh karena itu hasil selama pembelajaran di sekolah tentunya harus mempunyai nilai atau bobot yang tepat, mengingat mata pelajaran Fiqh mengajarkan muamalah, ibadah, serta interaksi dengan lingkungan yang sesuai dengan rambu-rambu syari’at islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana model evalauasi mata pelajaran Fiqh di Madrasah Ibtidaiyyah Matholi’ul Huda Bugel? Bagaimana evaluasi yang ideal pada mata pelajaran Fiqh untuk anak-anak usia Madrasah Ibtidaiyyah. Tujuan dari penelitian yang penulis lakukan adalah: Untuk mengetahui model evaluasi mata pelajaran fiqh di Madrasah Ibtidaiyyah Matholi’ul Huda Bugel. Memberi masukan bagaimana evaluasi yang ideal pada mata pelajaran Fiqh untuk anak-anak usia Madrasah Itidaiyyah. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi lapangan, wawancaradan dokumentasi. Adapun subjek dari peneliian ini adalah kepala sekolah, guru Fiqh serta guru TU Madrasah Ibtidaiyyah Matholi’ul Huda Bugel. Dari pembahasan teori yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya, maka penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut: model evaluasi mata pelajaran Fiqh siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyyah Matholi’ul Huda Bugel Kedung Jepara menggunakan model evaluasi sumatif evaluasi yang di laksanakan setiap akhir periode proses pembelajaran akhir smester. Selaian itu Model evaluasi yang digunakan juga digunakan adalah model evaluasi formatif yang dilaksanakan secara intensif. Evaluasi yang ideal pada mata pelajaran Fiqh untuk anak–anak usia Madrasah Ibtidaiyyah dilakukanya praktik yang berhubungan dengan materi pembelajaran sehingga selain anak faham secara intelektual anak mampu memahami makna dari setiap pembelajaran, dengan praktik di sekolah maka anak akan terbiasa menerapkan materi pelajaran dalam kehidupan sehari-hari peserta didik.