Daftar Isi:
  • Didalam dunia pendidikan tentu adanya tuntu adanya pengembangan karakter, sedangkan dalam setiap madrasah memiliki pengembangan karakter yang berbeda. Salah satu pengembangkan karakter yang diajarkan di madrasah adalah melalui pembelajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui karakter-karakter yang diajarkan kitab Ta’lima al-Muta’allim. (2) Untuk mengetahui karakter kitab Ta’lim al-Muta’allim yang dikembangkan siswa kelas VI MI NU TBS Kudus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kualitatif, sesuai dengan objek kajian. Oleh karena itu, penelitian ini adalah penelitian lapangan. Disini peneliti mengambil lokasi MI NU TBS Kudus. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode content analysis, metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Sedangkan analisis data dengan menggunakan reduksi data, display data, perbandingan data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) karakter yang diajarkan dalam Kitab Ta’lim al-Muta’allim adalah: niat belajar, rendah hati, bermusyawaroh dalam segala urusan, memuliakan guru, memuliakan kitab, memuliakan teman, mengenali akhlak tercela, kesungguhan hati, kontinuitas dalam belajar, memiliki cita-cita yang luhur, berusaha sekuat tenaga, menghindari sifat malas, bersiwak, memulai pelajaran yang mudah, berusaha memahami penjelasan sang guru, berdo’a, bediskusi dalam belajar, bersyukur, memiliki niat yang sungguh-sungguh(himmah ‘aliyah), ikhlas, menghafal pelajaran, dan berserah diri kepada Allah. (2) karakter dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim yang dikembangkan siswa kelas VI MI NU TBS Kudus yaitu: niat belajar, memuliakan guru, memuliakan kitab, memuliakan teman, menghindari akhlak tercela, kesungguhan hati, berdo’a, berdiskusi dalam belajar dan menghafal pelajaran.