Daftar Isi:
  • Penelitian ini memiliki tujuan : 1) Untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran The Smiling Teacher dalam pembelajaran mata pelajaran PAI di SD Negeri 1 Pendem Kecamatan Kembang tahun pelajaran 2017/2018. 2) Untuk mengetahui dampak penerapan strategi pembelajaran The Smiling Teacher terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SD Negeri 1 Pendem Kecamatan Kembang tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data antara lain adalah: wawancara, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian baik yang bersifat kepustakaan maupun yang bersifat penelitian lapangan dapat disimpulkan bahwa: Pertama, Penerapan strategi pembelajaran The Smiling Teacher dalam pembelajaran mata pelajaran PAI di SD Negeri 1 Pendem Kecamatan Kembang tahun pelajaran 2017/2018 merupakan serangkaian cara yang ditempuh guru PAI di SD Negeri 1 Pendem dalam melakukan kegiatan pembelajaran dengan metode dan teknik yang bervariasi disertai dengan figur guru yang demokratis, dekat, akrab dengan siswa, dan menampilkan wajah yang penuh senyum untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dan agar pembelajaran mencapai hasil yang optimal. Kedua, Dampak penerapan strategi pembelajaran The Smiling Teacher terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SD Negeri 1 Pendem Kecamatan Kembang tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan dengan semakin antusias dan semangatnya siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI, ketekunan mereka dalam mengerjakan tugas-tugas dan kedisiplinan mereka dalam belajar.