KAJIAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERKANDUNG DALAM NOVEL RUMAH TANPA JENDELA KARYA ASMA NADIA
Daftar Isi:
- Penenlitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apa saja nilai-nilai pendidikan karakter dalam Islam. 2) untuk mengetahui apa saja nilai-nilai pendidikan karakter dalam sebuah karya sastra. 3) untuk mengetahui bagaimana mengajarkan nilai-nilai tersebut kepada anak didik. Penelitian ini dirancang dengan jenis penelitian kepustakaan berupa: Buku-buku yang berkaitan dengan pendidikan karakter, Jurnal Pendidikan, Ensiklopedia Sastra, majalah dan lain-lainnya. Dua metode penelitian yaitu: 1) metode Deskriptif dimana metode ini merupakan penelitian yang memfokuskan dalam mencari penggambaran sebuah fenomena maupun peristiwa yang terjadi baik pada saat ini maupun masa yang telah lampau. 2) metode Content Analysis dimana metode ini merupakan usaha untuk mengungkapkan isi pesan yang ada dalam sebuah sastra. Hasil dari penelitian ini penulis menemukan bahwa novel tidak hanya sebagai bahan bacaan sampingan saja, akan tetapi novel juga dapat dijadikan sebagai metode dalam proses pembelajaran, khususnya dalam membentuk karakter dan akhlak pada anak. Yaitu dengan adanya unsur cerita yang ada pada Novel “Rumah Tanpa Jendela” Karya Asma Nadia. Dan hasil analisis penulis, terdapat beberapa nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Novel “Rumah Tanpa Jendela” Karya Asma Nadia yaitu: 1) Religius 2) Jujur 3) Kerja Keras 4) Cerdas 5) Adil. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapakan akan menjadi bahan informasi bagi para siswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu KeguruanUnisnu Jepara.