Daftar Isi:
  • Latar belakang dalam penelitian ini adalah Dalam hubungan proses pendidikan Islam, terdapat suatu kaidah bahwa “Segala alat yang dipergunakan untuk mencapai sesuatu yang wajib, hukumnya wajib pula”. Bila dilihat dari pelaksanaan proses kependidikan Islam yang wajib dikerjakan oleh setiap muslim dan muslimat, maka penggunaan suatu metode yang sesuai adalah wajib pula hukumnya. Ibn Khaldun, seorang cendekiawan muslim yang sangat populer. Pendidik harus membiasakan prilaku yang baik kepada peserta didiknya, memberi contoh dan tidak mengajari mereka dengan perkataan saja. Seorang pendidik harus menjadi contoh bagi peserta didiknya. Permasalahan yang seringkali dijumpai dalam pembelajaran adalah bagaimana cara seorang pendidik dalam menyajikan atau menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik secara baik sehingga diperoleh hasil yang efektif dan efisien sesuai dengan tujuan yang ditentukan. Berhasil atau tidaknya suatu pembelajaran, salah satunya tergantung pada metode mengajar yang tepat, efektif dan efisien untuk disuguhkan kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1). Untuk mengetahui analisis Pemikiran Ibn Khaldun Tentang Metode Pendidikan. 2). Untuk mengetahui Relevansi Pemikiran Ibn Khaldun Tentang Metode Pendidikan Islam Terhadap Pendidikan Islam Di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Research). Penelitian ini bersifat kualitatif. Secara metodologis, tata cara mengungkapkan pemikiran seseorang ataupun pandangan kelompok orang adalah dengan menggunakan penelitian secara kualitatif. Dalam penelitian ini terdapat dua macam data, yakni data primer dan data sekunder, Buku “Pemikiran Pendidikan Islam Ibn Khaldun Kritis, Humanis Dan Religius” karangan Muhammad Kosim yang diterbitkan oleh: PT Rineka Cipta sebagai data primer. Sedangkan Sumber data sekunder yaitu sumber data yang mendukung dan melengkapi data-data primer adalah data yang relevan dengan fokus penelitian, yaitu buku-buku karangan para pemikir lain, majalah, jurnal serta internet. Sedangkan metode analisa data menggunakan analisis isi (Content Analysis) yaitu metode analisis yang diarahkan pada materi atau teks yang terdapat dalam buku primer.