Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui urgensi keteladanan keluarga dalam pendidikan Islam (2) Untuk mengetahui nilai-nilai keteladanan keluarga dalam pendidikan Islam yang terkandung dalam novel “Athirah”Karya Alberthiene Endah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research), yaitu, menjadikan bahan pustaka sebagai sumber data utama yang dimaksudkan untuk menggali teori-teori dasar dan konsep-konsep yang telah ditemukan oleh para ahli terdahulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat dinikmati. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif analitis dan kritis terhadap data yang bersifat kualitatif. Untuk mengumpulkan data, metode pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah dokumenter atau biblioggraphis. Dalam penelitian ini, penulis telah menemukan banyak sekali amanat dan nilai-nilai keteladanan keluarga dalam pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Athirah Karya Alberthiene Endah ini. Jadi novel ini dapat dijadikan sebagai media pendidikan, yang dapat diambil nilai-nilai positifnya oleh pembaca. Dari hasil analisis penulis, terdapat beberapa nilai-nilai keteladanan keluarga dalam pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Athirah Karya Alberthiene Endah, diantaranya yaitu: 1) Religius, 2) Keikhlasan dan Penuh Rasa Syukur, 3) Kesabaran, 4) Kerja Keras, 5) Dermawan, 6) Keberanian, 7) Kesantunan, 8) Kerendahan Hati, 9) Menjaga Kehormatan Keluarga. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan informasi dan masukan bagi para orang tua maupun tenaga pengajar, para ahli, dan semua pihak yang membutuhkan dilingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNISNU Jepara.