PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA MI TARBIYATUSHSHIBYAN GUNUNGWUNGKAL KECAMATAN GUNUNGWUNGKAL KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan kreativitas belajar siswa kelas IV dan V MI Tarbiyatushshibyan Gunungwungkal Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2016/2017, (2) Mengetahui prestasi belajar PAI siswa kelas IV dan V MI Tarbiyatushshibyan Gunungwungkal Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati tahun pelajaran 2016/2017, (3) Mengetahui pengaruh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas IV dan V MI Tarbiyatushshibyan Gunungwungkal Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati tahun pelajaran 2016/2017. Judul penelitian ini terdiri atas 2 (dua) variabel yaitu kreativitas belajar sebagai variabel bebas (atau variabel X) dan prestasi belajar PAI sebagai variabel terikat (variabel Y). Pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data kreativitas belajar (variabel X), sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data prestasi belajar PAI (variabel Y). Populasinya adalah siswa MI Tarbiyatushshibyan Gunungwungkal tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 103 orang. Karena populasinya banyak maka diambil sampel secara classter hanya pada siswa kelas IV dan V yang berjumlah 31 orang. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik statistik dengan rumus regresi satu prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Kreativitas belajar PAI siswa MI Tarbiyatushshibyan Gunungwungkal Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati tahun pelajaran 2016/2017 adalah berkategori cukup. Hal ini diketahui dari hasil observasi rata-ratanya yaitu 43,84 berarti berada pada kategori cukup, karena berada pada nilai interval yang berjarak 40 - 51. (2) Prestasi belajar PAI siswa MI Tarbiyatushshibyan Gunungwungkal Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati tahun pelajaran 2016/2017 adalah sangat baik, di mana rata-rata hasil ulangan harian, mid semester dan semester ganjil adalah 83,61 berarti berada pada kategori sangat baik, karena berada pada nilai interval yang berjarak 80 – 100. (3) Ada pengaruh positif kreativitas belajar terhadap prestasi belajar PAI siswa MI Tarbiyatushshibyan Gunungwungkal Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati tahun pelajaran 2016/2017. Dari hasil penghitungan dengan rumus regresi satu prediktor menunjukkan taraf signifikansi 5% ataupun 1 %. Di mana besarnya Freg yaitu = 8,66. Dari hasil pembandingan dengan Ftabel dengan df = 1 : 29, pada taraf signifikansi 1% = 7,60 dan untuk taraf signifikansi 5% = 4,18. Jadi Freg > Ftabel. sehingga ada pengaruh yang signifikan di antara keduanya. Selain itu ditemukan rdeterminasi = 21%. Artinya kreativitas belajar berkorelasi sebesar 21% dengan prestasi belajar PAI.