Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui implementasi metode jigsaw dalam mata pelajaran al-Qur’an Hadits di Kelas VIII MTs. Maftahul Falah Sinanggul Mlonggo Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. 2) Untuk mengetahui dampak implementasi metode jigsaw dalam mata pelajaran al-Qur’an Hadits di kelas VIII MTs. Maftahul Falah Sinanggul Mlonggo Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017 sebelum dan setelah implementasi metode jigsaw. 3) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi implementasi metode jigsaw dalam mata pelajaran al-Qur’an Hadits di Kelas VIII MTs. Maftahul Falah Sinanggul Mlonggo Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari analisa yang penulis lakukan, dapat disimpulkan hasil sebagai berikut: Pertama, Implementasi metode jigsaw dalam mata pelajaran al-Qur’an Hadits di Kelas VIII MTs. Maftahul Falah Sinanggul Mlonggo Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017 dilaksanakan dengan langkah-langkah: guru membagi siswa dalam kelas menjadi 5 kelompok, guru memanggil 1 siswa dari masing-masing kelompok dan memberikan tugas kepada mereka untuk menjadi pakar/tim ahli, masing-masing pakar/tim ahli diberikan tugas yang berbeda-beda, kelompok pakar kembali ke kelompok asal untuk membantu teman dalam kelompoknya memahami materi dan menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru, guru mengawasi dan membimbing kegiatan kelompok, masing-masing kelompok menyerahkan hasil pekerjaan, guru melaksanakan evaluasi. Prosedur tersebut sudah sesuai dengan implementasi model jigsaw secara teoritis, namun kekurangannya adalah tidak adanya penghargaan bagi kelompok yang mendapatkan hasil terbaik. Kedua, Implementasi metode jigsaw dalam mata pelajaran al-Qur’an Hadits di Kelas VIII di MTs. Maftahul Falah Sinanggul Mlonggo Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017 memiliki dampak positif antara lain: siswa lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran, siswa aktif berkomunikasi dan berdiskusi, serta terdorong untuk belajar secara mandiri. Adapun dampak negatifnya adalah bahwa suasana kelas berpotensi untuk lebih ramai atau gaduh karena aktifitas kelompok dan juga menyita waktu pembelajaran yang lebih lama. Ketiga, faktor-faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi implementasi metode jigsaw dalam mata pelajaran al-Qur’an Hadits di Kelas VIII di MTs. Maftahul Falah Sinanggul Mlonggo Jepara Tahun Pelajaran 2016/2017 adalah : Faktor Pendukung : keadaan siswa, motivasi dan minat siswa, serta kemampuan tim ahli. Faktor penghambat : Perbedaan kemampuan siswa dan keterbatasan alokasi waktu pembelajaran.