Daftar Isi:
  • Pendidikan moral adalah usaha sadar dalam membimbing, mengarahkan, dan menerapkan perilaku yang dianggap baik menurut agama dan adat adat kebiasaan masyarakat. Hal tersebut menjadi tolak ukur nilai sebuah perbuatan yang dapat dianggap baik atau buruk. Novel Cahaya di Atas Cahaya merupakan salah satu karya sastra anak bangsa yang banyak memberi pesan mengenai pendidikan moral terhadap pembacanya, hal ini sangat bermanfaat serta dapat dijadikan suri tauladan yang baik jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana nilai pendidikan moral dalam Novel “Cahaya Di Atas Cahaya” Karya Oki Setiana Dewi ?, 2) Bagaimana relevansi nilai pendidikan moral dalam Novel “Cahaya Di Atas Cahaya” Karya Oki Setiana Dewi dalam Pendidikan Islam ?. sedangkan tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan nilai pendidikan moral yang terkandung dalam Novel “Cahaya Di Atas Cahaya” Karya Oki Setiana Dewi. Serta Mendeskripsikan relevansi nilai pendidikan moral dalam Novel “Cahaya Di Atas Cahaya” Karya Oki Setiana Dewi dalam Pendidikan Islam. Dalam proteknya, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis. Dengan demikian, laporan penelitian ini akan berisi kutipan-kutipan untuk memberikan gambaranpenyajian laporan tersebut. Dalam analisisnya, peneliti menggunakan analisis isi. Maka kegiatan yang dilakukan adalah pemberianmakna pada paparan Bahasa berupa: 1) data berupa paparan bahasa yang mengandung nilai pendidikan moral, 2) data berupa paparan Bahasa yang mengandung relevansi pendidikan moral dalam pendidikan Islam. Pemahaman dan analisis tersebut dilakukan melalui kegiatan membaca, menganalisis, dan mengklarifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pendidikan moral yang terkandung dalam novel Cahaya di Atas Cahaya karya Oki Setiana Dewi secara global terbagi menjadi tiga ruang lingkup: 1) Moral Kepada Allah, yang meliputi Iman, Ihsan, Takwa, Ikhlas, Tawakkal, Syukur, Sabar. 2) Moral Kepada Sesama Manusia yang meliputi kepada Rosullullah. Kepada orang tua, kepada diri sendiri, kepada keluarga, karib, maupun kerabat, kepada tetangga, kepada lingkungan masyarakat. 3) Moral Kepada Alam Sekitar. Nilai pendidikan moral dalam novel cahaya di atas cahaya jika direlevansikandengan pendidikan Islam adalah relavan karena sesuai dengan teori dalam pendidikan Islam dan tujuan pendidikan Islam yakni membentuk manusia yang berakhlakul karimah.