Daftar Isi:
  • Penelitian bertujuan mengetahui: 1). Penerapan Supervisi Pembelajaran di MI Matholiun Najah Sinanggul. 2). Pelaksanaan Supervisi pembelajaran di MI Mtaholiun Najah Sinanggul. 3) Evaluasi Supervisi pembelajaran di MI Matholiun Najah Sinanggul. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data antara lain adalah: wawancara, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian baik yang bersifat kepustakaan maupun yang bersifat lapangan dapat disimpulkan bahwa: Pertama, Perencanaan Supervisi Pendidikan di MI Matholiun Najah Sinanggul Mlonggo Jepara, Setiap bidang kegiatan, perencanaan merupakan suatu hal yang pokok, yang tidak dapat ditiadakan, jika pengawas mengiginkan usaha yang efektif. Supervisi merupakan usaha untuk mendorong para guru mengembangkan kemampuannya agar dapat mencapai tujuan pendidikan secara efektif. Karena itu, dalam supervisi perencanaan merupakan kegiatan yang perlu dilakukan sebaik-baiknya, tanpa perencanaan yang baik, supervisi akan memberikan kekeceawaan kepada pihak yeng terlibat didalamnya, yaitu guru, kepala sekolah, supervisor dan murid-murid yang mengharapkan pembelajaran berlangsung secara efektif, aktif, kreatif, dan menyenangkan. Kedua, Pelaksanaan Supervisi Pendidikan di MI Matholiun Najah, supervisi untuk menindak lanjuti supervisi observasi kelas adalah dengan memberi penguatan kepada guru agar tidak putus asa dan tetap semangat untuk maju. Penguatan positif dilakukan dengan cara memuji hal-hal yang sudah dia lakukan dengan baik, dan penguatan negative dilakukan dengan cara mengurangi beban guru dengan cara tidak mengsupervisi guru yang bersangkutan apabila cara mengajarnya sudah baik, , apabila kekurangan guru tidak terlalu banyak maka kami akan lanjutkan dengan teknik supervisi lain, apabila sebagian besar belum baik maka kami akan melakukan supervisi dengan teknik yang sama.