Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap etika berbusana muslimah siswi kelas XI MAN 02 Jepara tahun pelajaran 2017-2018. Berangkat dari realitas di atas, maka ada tiga fokus yang di ajukan untuk dikaji dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana proses belajar-mengajar mata pelajaran akidah akhlak di kelas XI MAN 02 Jepara (2) Bagaimana etika berbusana muslimah siswi kelas XI MAN 02 Jepara (3) Bagaimana pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap etika berbusana muslimah siswi kelas XI MAN 02 Jepara Penelitian ini merupakan penelitian berbentuk kuantitatif. Adapun metode dalam field research ini peneliti menggunakan beberapa metode untuk mendukung kelancaran penelitian. Metode-metode tersebut antar lain angket dan dokumentasi. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik putri kelas XI MAN 02 Jepara sebanyak 80 siswa dan yang dijadikan sampel sebanyak 20 siswi yang diambil secara acak dari kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2, XI IPS 1, XI IPS 2, dan XI IPS 3. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak terhadap Etika Berbusana Muslimah Siswa. Diketahui bahwa skor (rata-rata) data pembelajaran akidah akhlak di kelas XI MAN 02 Jepara sebesar 61,00 yang berarti berada pada kategori baik, karena berada pada nilai interval yang berjarak 61-66. Selanjutnya data Etika Berbusana Muslimah Siswi kelas XI MAN 02 Jepara sebesar 61,8 yang berarti berada pada kategori baik, karena berada pada nilai interval yang berjarak 61-66. Selanjutnya setelah dikorelasikan, pembelajaran akidah akhlak ada hubungannya terhadap etika berbusana muslimah siswi kelas XI MAN 02 Jepara, baik pada taraf 5% maupun 1% dimana besarnya rxy yaitu = 0, 210. Dari hasil perbandingan diketahui rtabel untuk taraf signifikansi 5% = 0,148 dan untuk taraf signifikansi 1% = 0,194. Jadi hasil hitung rxy (r observasi lebih besar dari pada r table, artinya terdapat korelasi positif yang signifikan.