KORELASI ANTARA MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB FATHUL QORIB SISWA KELAS VIII MTS HASYIM ASY’ARI BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Motivasi belajar pada mata pelajaran fiqih siswa kelas VIII MTs. Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara 2. Kemampuan membaca kitab Fathul Qorib siswa kelas VIII MTs. Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara 3. Hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar pada mata pelajaran fiqih dengan kemampuan membaca kitab Fathul Qorib siswa kelas VIII MTs. Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara. Penelitian ini termasuk jenis penelitian adalah field research (studi lapangan) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun variabel dalam penelitian ini dua meliputi: variabel bebas yaitu kemampuan membaca kitab Fathul Qorib, sedangkan variabel terikat adalah motivasi belajar pada mata pelajaran fiqih. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah jumlah siswa kelas VII MTs. Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara berjumlah 304 siswa. Pengambil sampel dalam penelitian ini, peneliti mengambil 20% sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 60 siswa dengan teknik random sampling atau acak yaitu dengan cara undian. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dan dokumentasi, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan statistik product moment Hasil dalam penelitian ini adalah: 1. Motivasi belajar pada Mata Pelajaran Fiqih siswa kelas VIII MTs. Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara dapat dikatakan baik sekali, hal tersebut dapat diketahui dari nilai mean sebesar 94,7, nilai median sebesar 83,5 dan nilai modusnya sebesar 82. Sedangkan dilihat dari prosentase nilai menyatakan kategori baik sekali sebanyak 66,7%, kategori baik sebanyak 33,3%. 2. Kemampuan membaca kitab Fathul Qorib siswa kelas VIII MTs. Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara dapat dikatakan baik sekali, hal tersebut dapat diketahui dari nilai mean sebesar 82,8, nilai median sebesar 82,5 dan nilai modusnya sebesar 82,5. Sedangkan dilihat dari prosentase nilai menyatakan kategori baik sekali sebanyak 35 (58,4%), kategori baik sebanyak 24 (40%), dan kategori cukup sebanyak 1 (1,6%). 3. Adanya hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar pada Mata Pelajaran Fiqih dengan kemampuan membaca kitab Fathul Qorib siswa kelas VIII MTs. Hasyim Asy’ari Bangsri Jepara, hal tersebut dibuktikan dengan pengolahan data dengan rumus korelasi product moment dengan hasil rxy sebesar 0,440 diinterpretasikan dengan r tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,254 dan pada taraf 1% sebesar 0,330. Dari hasil interpretasi tersebut menunjukan ro > r tabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1% yang berarti signifikan.