ANALISIS FAKTOR PSIKOLOGI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FURNITURE (Studi Pada Galery Furniture, HER Design)
Daftar Isi:
- Semakin banyaknya konsumen yang memiliki selera yang tinggi terhadap kebutuhan akan kehidupannya khususnya pada bidang furniture, maka semakin banyak pula galery furniture yang menawarkan berbagai macam produk furniture, dengan banyaknya pesaing pada bidang ini, maka galery furniture HER Design ini dituntut untuk lebih mengeksplor segala macama faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, namun volume penjualan dari galery furniture HER Design tentunya tidak mulus pastinya masih terjadi fluktuasi. Berbagai upaya untuk mempengaruhi perilaku konsumen agar keputusan pembeliannya jatuh pada galery furniture ini telah diupayakan oleh pemilik galery furniture HER Design mulai dari menghasilkan produk yang disukai oleh konsumen, memberikan motivasi agar konsumen terdorong untuk datang dan membeli, memberikan pengalaman dan kesan yang baik atas produk yang kami jual. Maka penulis akan menganalisis pengaruh faktor psikologi konsumen yaitu Sikap, Motivasi, dan Pembelajaran terhadap keputusan pembelian produk furniture pada Galery HER Design. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumen terhadapat keputusan pembelian produk furniture. Penelitian ini dilakukan di galery furniture HER Design Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen datang dan melakukan pembelian produk furniture di galery HER Design. Jumlah sample yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 96 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dengan accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh Sikap, Motivasi, dan Pembelajaran terhadap keputusan pembelian konsumen. Dari Analisis tersebut diperoleh hasil bahwa variabel Sikap, Motivasi, dan Pembelajaran mempunyai pengaruh yang positif signifikan terhadap variabel keputusan pembelian, secara parsial maupun simultan. Besarnya Adjusted R Square adalah 0,544. Hal ini berarti bahwa 54,4 persen variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh keempat variabel bebas Sikap, Motivasi, dan Pembelajaran.