Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengangkat tentang strategi pemasaran tenun ikat Troso dalam menghadapi pemasaran global masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) (Studi Kasus pada CV. Srikandi Ratu, Jepara). Metode analisis strategi pemasaran menggunakan Analisis SWOT dan Analisis Daur Hidup Produk (product life cylce) dengan aspek bauran pemasaran (marketing mix). Dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik penelitian menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari aspek bauran pemasaran yaitu memiliki 4 P, yaitu (product, price, place, promotion), dengan produk memiliki kualitas yang baik dengan beragam motif-motif yang dihasilkan. Dimana harga (price) yang ditetapkan oleh CV. Srikandi Ratu mampu diterima oleh pelanggan. Kemudian untuk tempat (place)dengan memiliki showroom di jalan Kauman No. 14 Pecangaan Jepara, tempat sudah sangat strategis, dekat dengan konsumennya. Untuk promosi (promotion) belum maksimal, masih lemah karena promosi dilakukan hanya pada waktu-waktu tertentu, mengenai strategi pemasaran CV. Srikandi Ratu harus melakukan peningkatan promosi dengan berbagai cara, untuk memperluas pasarnya dan tidak mengandalkan kota Bali saja,namun memperluas pasar di kota-kota lain di Indonesia.