Daftar Isi:
  • Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi saat ini memberikan pengaruh besar pada berbagai aspek kehidupan manusia. Salah satunya adalah adanya internet yang dimanfaatkan untuk kegiatan jual beli secara online. Melalui internet, transaksi jual beli menjadi lebih mudah dan cepat. Salah satu website jual beli online yang ada saat ini adalah bukalapak.com. Sama halnya dengan jual beli secara konvensional, jual beli online di bukalapak juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penelitian ini dilaksanakan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruh minat pembelian online pada website bukalapak.com. Variabel bebas (independent) pada penelitian ini terdiri kualitas laman (X1), persepsi risiko (X2), persepsi kemudahan (X3) dan persepsi produk (X4). Sedangkan variabel terikat (dependent) penelitian ini adalah minat beli online masyarakat Jepara pada website bukalapak.com. Sampel berjumlah 96 responden yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sehingga sampel yang diambil sesuai dengan criteria penelitian guna tercapainya tujuan penelitian. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda hasilnya yaitu Y= 0,070+ 0,076X1 + 0,304X2 + 0,172X3 +0,379X4+ e. Berdasarkan persamaan regresi tersebut, dapat diketahui bahwa variabel independen yang paling besar berpengaruh terhadap variabel dependen (minat beli online) adalah variabel kualitas produk (0,379),diikuti oleh variable persepsi risiko (0,304), lalu variabel persepsi kemudahan (0,172), dan yang terakhir adalah variabel persepsi kualitas laman (0,076). Koefisien korelasi dan deteminasinya Untuk R bernilai 0,769, artinya baik karena mendekati nilai 1, dan untuk adjusted R2 bernilai 0.57, artinya 57,3% faktor yang mempengaruhi minat beli online masyarakat Jepara di bukalapak.com dapat dijelaskan oleh faktor kualitas laman, persepsi risiko, persepsi kemudahan, dan kualitas produk. Sedangkan 42,7% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Variabel independen positif dan signifikan (<0,050) dengan nilai sig kualitas produk (0,000), persepsi risiko (0,008 ), persepsi kemudahan (0,012), dan kualitas laman (0,040)