Daftar Isi:
  • Dalam kehidupan masyarakat permasalahan yang menyangkut nasib dan masa depan bangsa Indonesia adalah krisis moneter mengguncang bangsa kita pada pertengahan tahun 1997. Dalam kondisi ini pemerintah telah mengupayakan peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan berbagai cara namun hasilnya masih belum maksimal. Hal ini yang mendorong masyarakat untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Masyarakat mencoba untuk melepaskan diri dari ketergantungan pemerintah maupun perusahaan swasta dalam memperoleh pekerjaan, maka muncullah usaha-usaha kecil atau yang sering kita sebut dengan industri kecil yang bertujuan untuk menopang perekonomian keluarga yang semakin memburuk. Fenomena inilah yang mendorong penulis mengadakan penelitian di Industri kecil Kerupuk ikan tengiri Mustika Fajar, yang bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran Industri kecil Kerupuk ikan tengiri Mustika Fajar. Metode penelitian adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah teknik wawancara dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Industri kecil Kerupuk ikan tengiri Mustika Fajar dalam melakukan strategi pemasaran masih kurang dan harus diperhatikan dalam melakukan kegiatan pemasaran agar usaha kerupuk ikan tengiri Mustika Fajar lebih banyak memiliki konsumen. Saran yang kiranya dapat disampaikan adalah peningkatan kualitas produk, membuat toko atau memiliki toko sendiri agar usaha kerupuk ikan tengiri Mustika Fajar lebih maju dan berkembang.