PENGARUH IKLAN, CITRA MEREK DAN DAYA TARIK CELEBRITY ENDORSE TERHADAP SIKAP KONSUMEN (Studi pada OPPO Smartphone di Kecamatan Kedung)
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan karena mulai munculnya berbagai merek-merek khususnya pada smartphon yang bnayak meramaikan pasar elektrionik. Berbagai macam produk smartphon telah bermunculan dipasaran tentunya konsumen akan lebih mudah dalam memilih produk smartphon yang memberikan kualitas yang baik. Meskipun oppo smartphon merupakan produk baru yang mampu bersaing dengan smartphon lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan, citra merek dan celebrity endorse terhadap sikap konsumen. penelitian ini dilakukan terhadap konsumen oppo smartphon. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 99 responden dengan menggunakan metode Accidential Sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0,427X1 + 0,059X2 + 0,452X3 + e Dimana variabel sikap konsumen (Y), Iklan (X1), citra merek (X2), dan celebrity endorse (X3). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel Iklan dan celebrity endorse berpengaruh positif signifikan terhadap variable sikap konsumen dan variable citra merek berpengaruh positif terhadap sikap konsumen. uji F dapat diketahui bahwa variabel iklan, citra merek dan celebrity endorse memang layak untuk menguji variabel dependen sikap konsumen. Angka Adjusted R Square sebesar 0,541 menunujukkan bahwa 54,1% variasi sikap konsumen dapat dijelaskan oleh ketiga variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 45,9% dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.