PENGARUH PENERAPAN STRATEGI SYNERGETIC TEACHING TERHADAP KENYAMANAN BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTS NURUN NAJAH KEPUK BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Strategi Synergetic Teaching Terhadap Kenyamanan Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTs Nurun Najah Kepuk Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018. Penulis menggunakan jenis penelitian korelasi, sedangkan pendekatan dalampenelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan yang menekankan analisis pada data numericalatau angka yang diolah dengan metode statistika. Salah satu teknik analisis data penulis menggunakan angket yang disebarkan keresponden untuk mendapat data, yang selanjutnya diolah untuk mendapatkan hasil dari penelitian ini. Dan sampel yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah 36 responden dari 40 siswa. Penelitian ini menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang PenerapanStrategi Synergetic Teaching Terhadap Kenyamanan Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist. Observasi digunakan untuk mengetahui PenerapanStrategi Synergetic Teaching Terhadap Kenyamanan Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist. dan dokumetasi digunakan untuk memperoleh foto dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Nurun Najah Kepuk Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Strategi Synergetic Teaching Terhadap Kenyamanan Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist di MTs Nurun Najah Kepuk Bangsri Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan uji Fhitung sebesar 60,45 jika dibanding dengan Ftabel pada taraf signifikan 5% sebesar 4,11 maka Fhitung> Ftabel. Artinya Penerapan Strategi Synergetic Teaching berpengaruh terhadap Kenyamanan Belajar Peserta Didik dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist dan nilai koefisien determinasi sebesar 67,9 %.