ANALISIS PENGARUH MOTIVASI DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA MINIMARKET (Studi Pada Minimarket Selinna di Mulyoharjo Jepara)
Main Author: | CAHYONO, ENDRO SETYO |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Unisnu
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unisnu.ac.id/379/1/SKRIPSI%20ENDRO_041%200000%20613.pdf http://eprints.unisnu.ac.id/379/ http://unisnu.ac.id |
Daftar Isi:
- Pada minimarket Selinna terjadi penurunan konsumen dalam membeli, hal tersebut nampak semakin hari-semakin sedikit konsumen yang datang untuk membeli. Berdasarkan keterangan tersebut, maka judul penelitian “Analisis Pengaruh Motivasi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi Pada Minimarket Selinna Di Mulyoharjo Kabupaten Jepara)”. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh antara motivasi konsumen dan sikap konsumen secara individu dan bersamaan terhadap keputusan pembelian produk. Populasi adalah masyarakat Jepara yang membeli produk pada minimarket Selinna Mulyoharjo Jepara dan besarnya sampel sebanyak 97 responden. Alat analisis: analisis regresi berganda, korelasi, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis (uji t dan uji F). Hasil analisis regresi didapat persamaan Y = 0,924 + 0,717X1 + 0,207X2, berarti variabel motivasi dan sikap konsumen mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk. Hubungan antara motivasi konsumen dan sikap konsumen dengan keputusan pembelian produk adalah kuat, dibuktikan dengan hasil korelasi (R) didapat sebesar 0,942. Dan besarnya sumbangan variabel motivasi konsumen dan sikap konsumen terhadap naik turunnya keputusan pembelian produk adalah sebesar 88,8%. Uji t untuk motivasi didapat thitung (11,689) > t tabel (1,980) dengan sig. 0,000 < α = 0.05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, berarti motivasi konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian produk. Uji t untuk Sikap Konsumen didapat thitung (3,449) > t tabel (1,980) dan sig. 0,001 < α = 0.05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, berarti sikap konsumen berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian produk. Dan hasil uji F didapat Fhitung (372,49) > Ftabel (3,07) dan sig. 0,000 < α = 0.05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, berarti Motivasi Konsumen dan Sikap Konsumen secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk pada minimarket Sellina Mulyoharjo Jepara.