ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA SECARA KREDIT (Studi Kasus Pada PT. Federal Internatonal Finance Cabang Jepara)

Main Author: MAKNUN, JAUHAROTUL
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/378/2/COVER.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/378/1/SKRIPSI.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/378/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • Dalam melakukan kegiatannya tiap cabang pembantu telah ditentukan target penjualannya tiap bulan oleh kantor pusat (Head Office) Jakarta dengan pasar distribusi sales HONDA pada daerah dimana cabang pembantu tersebut berada. Dari hasil survey diketahui pencapaian target tahun 2010 rata-rata per bulan adalah 99,5% hanya kurang 0,5% untuk mencapai target. Masalah ini cukup merisaukan pihak Marketing Executive PT. Federal International Finance cabang Jepara. Maka dalam penelitian ini diambil judul : “ANALISIS FAKTORFAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA SECARA KREDIT (Studi Kasus Pada PT. Federal Internatonal Finance Cabang Jepara)”. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh faktor syarat, angsuran, proses, uang muka, pelayanan, cara dan tempat membayar, hadiah/undian terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda secara kredit pada PT. Federal Internatonal Finance Cabang Jepara. Populasi adalah konsumen HONDA PT. Federal International Finance di wilayah Jepara pada bulan September 2011 yaitu sebanyak 758 orang dan sampel diambil sebanyak 88 orang. Teknik pengambilan sampel dengan accidental sampling. Alat analisis menggunakan analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis. Hasil analisis regresi didapat persamaan Y = -1,706 + 0,553X1 + 0,122X2 + 0,325X3 + 0,581X4 + 0,468X5 + 0,156X6 + 0,260X7, artinya syarat kredit yang mudah, angsuran yang ringan, proses cepat, uang muka ringan, pelayanan ramah, cara dan tempat bayar mudah, dan adanya hadiah / undian masing mempunyai pengaruh positif terhadap konsumen dalam melakukan pembelian sepeda motor HONDA secara kredit. Berdasarkan hasul uji t untuk variabel syarat kredit yang mudah, angsuran yang ringan, proses cepat, uang muka ringan, pelayanan ramah, cara dan tempat bayar mudah, dan adanya hadiah / undian diketahui masingmasing thitung > ttabel, jadi dapat dijelaskan bahwa syarat kredit yang mudah, angsuran yang ringan, proses cepat, uang muka ringan, pelayanan ramah, cara dan tempat bayar mudah, dan adanya hadiah / undian mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Pembelian Sepeda Motor HONDA Secara Kredit. Hal tersebut didukung dengan hasil uji F didapat Fhitung (137,151) > F tabel (2,25) dan nilai signifikan 0,000, berarti syarat kredit, angsuran, proses kredit, uang muka, pelayanan, cara dan tempat bayar, dan hadiah / undian secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pembelian sepeda motor HONDA secara kredit.