Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran Fiqih di kelas IV MI Tamrinussibyan 01 Tengguli Bangsri Jepara, 2. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran SKI di kelas IV MI Tamrinussibyan 01 Tengguli Bangsri Jepara, 3. Faktor yang menghambat dan mendukung pelaksanaan evaluasi pembelajaran Fiqih dan SKI di kelas IV MI Tamrinussibyan 01 Tengguli Bangsri Jepara, 4. Solusi dalam mengembangkan evaluasi pembelajaran Fiqih dan SKI di kelas IV MI Tamrinussibyan 01 Tengguli Bangsri Jepara. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field Research) yang berbentuk penelitian kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif artinya penelitian yang bertujuan untuk memperoleh informasi-informasi mengenahi keadaan saat ini, dan melihat kaitan antara variabel-variabel yang ada. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru Fiqih, guru SKI. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara dan dokumentasi, dan teknik analisis data yang digunakan dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran Fiqih di kelas IV MI Tamrinussibyan 01 Tengguli Bangsri Jepara pada semester 1 menggunakan tes tertulis, dan langkah-langkahnya meliputi: tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap tindak lanjut. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan pada mata pelajaran Fiqih di kelas IV MI Tamrinussibyan 01 Tengguli Bangsri Jepara pada semester 1 hanya menggunakan tes tertulis. 2. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran SKI di kelas IV MI Tamrinussibyan 01 Tengguli Bangsri Jepara pada semester 1 menggunakan tes tertulis dengan langkah-langkah meliputi: tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap tindak lanjut. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan pada mata pelajaran SKI di kelas IV MI Tamrinussibyan 01 Tengguli Bangsri Jepara pada semester 1 hanya menggunakan tes tertulis. 3. Faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran Fiqih dan SKI di kelas IV MI Tamrinussibyan 01 Tengguli Bangsri Jepara meliputi: faktor pendukung yaitu dukungan kepala sekolah, penguasaan materi oleh guru, dan sebagian besar siswa menguasai materi pelajaran. Faktor penghambat yaitu: kurang siapnya guru dalam merencanakan evaluasi, sebagian siswa kurang respon terhadap pelaksanaan tes, dan ada siswa yang belum menguasai materi pembelajaran, dan waktu pelajaran. 4. Solusi dalam mengembangkan evaluasi pembelajaran Fiqih dan SKI di Kelas IV MI Tamrinussibyan 01 Tengguli Bangsri Jepara meliputi langkah: Supervisi kepala sekolah, pendalaman terhadap soal-soal, penguasaan teori tentang evaluasi, dan cara penyusunan tes.