Daftar Isi:
  • Aplikasi komputer dapat membantu pengguna aplikasi khususnya pada Kantor Notaris dan PPAT dalam pengelolaan data pendapatan dan data kegiatan eksternal berupa beban, modal dan prive. Aplikasi ini juga membantu pengguna dalam penghitungan nilai transaksi yang menjadi penerimaan pendapatan bagi notaris. Dengan proses penghitungan nilai transaksi, pengelolaan pendapatan jasa dan beban dapat diperoleh laporan keuangan yang berupa laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan laporan neraca. Untuk mendeskripsikan penerapan sistem inforrmasi akuntansi yang dijalankan di Kantor Notaris dan PPAT H. Abdullah Qomar Nasikh, SH. Dalam menganalisis kelebihan dan kekurangan dalam penerapan sistem informasi akuntansi yang diterapkan Kantor Notaris dan PPAT H. Abdullah Qomar Nasikh, SH, maka penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Sistem akuntansi penerimaan kas di Kantor Notaris dan PPAT H. Abdullah Qomar Nasikh, SH melibatkan bagian-bagian seperti pencatatan, pengendalian intern, perekapan hasil penjualan jasa dan laporan yang menghasilkan informasi penjualan jasa yang digunakan untuk pencatatan transaksi penerimaan kas, dimana pendapatan baru diserahkan oleh bagian pelayanan setelah bagian kasir menerima uang tunai dari pemohon.