Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh timbulnya fenomena munculnya berbagai merek-merek baru khususnya untuk kategori produk smartphone android. Berbagai produk smartphone dipasarkan tentu membuat konsumen memilih produk produk mana yang benar-benar memenuhi selera dan memberi kapuasan. Smartphone android merupakan salah satu smartphone yang banyak disukai konsumen, smartphone android merek samsung telah menjawab semua permasalahan dalam menentukan keputusan pembelian terutama pada kalangan mahasiswa sekarang ini, hal ini dijelaskan dalam Top Brand Aword diketahui bahwa market share smartphone android samsung pada tahun 2014-2015 merupakan pemimpin pasar dengan market share terbesar. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh harga, citra merek, kualitas produk dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian smartphone android merek samsung ini dilakukan terhadap konsumen smartphone samsung.Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 100 responden dengan menggunakan metode Accidential Sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 3,822 – 0,020X1 + 0,458X2 + 0,225X3 + 0,057X4 Dimana variabel Keputusan Pembelian (Y), Citra Merek (X2), Kualitas Produk (X3), Gaya Hidup (X4). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa keempat variabel independen yang diteliti terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen Keputusan Pembelian. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabe Citra Merek, Kualitas Produk dan Gaya Hidup memang layak untuk menguji variabel dependen Keputusan Pembelian. Angka Adjusted R Square sebesar 0,349 menunujukkan bahwa 34,9% variasi Keputusan Pembelian dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 67,8% persen dijelaskan oleh variabel lain diluar keempa variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Sedangkan Harga berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian.