ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT MENABUNG (Studi Kasus Pada BMT Al Mizan Mitra Mu’amalah Pekalongan Batealit Jepara)

Main Author: SULASA, DEWI
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/369/1/HALAMAN%20DEPAN.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/369/2/BAB%20II.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/369/3/BAB%20I.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/369/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/369/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/369/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/369/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana faktor sikap pelayanan, lokasi , dan keyakinan mendorong minat masyarakat dalam menabung pada BMT AL MIZAN MITRA MU’AMALAH yang terletak di desa Pekalongan Batealit Jepara serta faktor mana yang paling dominan mendorong minat masyarakat dalam menabung. Penelitian ini bersifat deskriftif dengan pendekatan studi kasus yang didukung oleh metode kuesioner dan survey. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer didapat dari responden yaitu masyarakat yang menabung pada BMT AL MIZAN MITRA MU’AMALAH dengan kuesioner yang dijawab oleh 85 responden. Data sekunder didapat dari dokumen perusahaan, seperti sejarah perusahaan, laporan tahunan, dan bahan pustaka yang berkaitan dengan penelitian sejenis. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan pengujian hipotesis F dan hipotesis t. Dari hasil analisis dengan tingkat signifikasi 0,05 didapat nilai t hitung variabel sikap pelayanan (X1) 10,146 dan lokasi (X2) 3,782 dengan nilai signifikan 0,000, artinya secara parsial mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung (Y). Sedangkan variabel keyakinan (X3) 1,889 memiliki nilai signifikan 0,062 artinya keyakinan memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat masyarakat dalam menabung. Hal tersebut menunjukkan bahwa fak tor sikap pelayanan (X1) merupakan faktor yang paling dominan dalam mendorong minat masyarakat dalam menabung BMT AL MIZAN MITRA MU’AMALAH.