PENGARUH PEMAHAMAN WAJIB PAJAK, KUALITAS PELAYANAN DAN KETEGASAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK PENGUSAHA KENA PAJAK DI KABUPATEN JEPARA (STUDI KASUS DI KPP PRATAMA JEPARA)
Daftar Isi:
- Pengusaha Kena Pajak adalah Pengusaha yang melakukan penyerahan Barang Kena Pajak dan atau penyerahan Jasa Kena Pajak yang dikenakan pajak berdasarkan Undang-undang Pajak Pertambahan Nilai, tidak termasuk Pengusaha Kecil yang batasannya ditetapkan dengan Peraturan Menteri Keuangan, kecuali Pengusaha Kecil yang memilih untuk dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh pemahaman wajib pajak, kualitas pelayanan dan ketegasan sanksi terhadap kepatuhan wajib pajak pengusaha kena pajak di wilayah kabupaten Jepara. Responden dari penelitian ini adalah wajib pajak yang terdaftar aktif sebagai pengusaha kena pajak, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 80 sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel independen pemahaman wajib pajak, kualitas pelayanan dan ketegasan sanksi terhadap variabel dependen kepatuhan