PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SD NEGERI 01 DAN SD NEGERI 02 WATUAJI KELING JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017
Daftar Isi:
- Peneliti merumuskan beberapa masalah sebagai berikut : Bagaimana tipe pola asuh orang tua siswa SD Negeri 01 dan SD Negeri 02 Watuaji Keling Jepara Tahun Pelajaran ? . Sejauahmana prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI SD Negeri 01 dan SD Negeri 02 Watuaji Keling Jepara ?. Seberapa besar pengaruh antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar Siswa mata pelajaran PAI di SD Negeri 01 dan SD Negeri 02 Watuaji Keling Jepara ? Penelitian ini merupakan penelitian berbentuk kuantitatif adapun metode dalam field research ini peneliti menggunakan beberapa metode untuk mendukung kelancaran penelitian. Metode-metode tersebut antara lain tes, angket, dokumentasi dan wawancara. Adapun populasi yang dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV dan V SD Negeri 01 dan SD Negeri 02 Watuaji Keling Jepara berjumlah 59 peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pola asuh orang tua siswa Terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI di kelas SD Negeri 01 dan SD Negeri 02 Watuaji Keling. Diketahui bahwa rata-rata akhlak siswa kelas SD Negeri 01 dan SD Negeri 02 Watuaji Keling dari 59 responden sebesar 47,74 dapat dikatakan tergolong “ Cukup “ yaitu dengan nilai terletak pada interval 40-51. Selajutnya Bahwa rata-rata presatsi belajar PAI kelas SD Negeri 01 dan SD Negeri 02 Watuaji Keling ada hubungan yang signifikan. Baik pada taraf 5% ataupun 1% di mana besarnya Rxy yaitu = 0,565. Dari hasil pebandingan dengan rtabel dengan untuk taraf signifikan 1% = 0,330 dan untuk taraf signifikan 5% = 0,254. Jadi hasil hitung lebih besar dari nilai dalam tabel, artinya terdapat korelasi positif yang signifikan. Sebaliknya, semakin buruk pola asuh orang tua, maka semakin rendah prestasi belajar PAI Siswa.