ANALISIS PENGARUH PERSEPSI BIAYA, KUALITAS PRODUK, DAN REPUTASI KAMPUS TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA (Studi Kasus pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nahdlatul Ulama Jepara)

Main Author: HIDAYATI, NUR
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Unisnu , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.unisnu.ac.id/363/1/COVER.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/363/2/SKRIPSI.pdf
http://eprints.unisnu.ac.id/363/
http://unisnu.ac.id
Daftar Isi:
  • Mahasiswa STIENU Jepara pada awal masuk kuliah biasanya jumlahnya banyak, tetapi setelah menginjak pada Semester 3 dan seterusnya jumlah mahasiswa semakin menurun, hal ini disebabkan banyak mahasiswa yang putus di tengah perjalanan. Melihat hal tersebut, maka terrdapat pertanyaan apakah mahasiswa tidak merasa puas dalam menempuh ilmu atau kuliah di STIENU Jepara? Oleh karena itu dalam penelitian ini akan dibahas tentang : “ANALISIS PENGARUH PERSEPSI BIAYA, KUALITAS PRODUK DAN REPUTASI KAMPUS TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA (Studi Kasus pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nahdlatul Ulama Jepara). Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh persepsi biaya, kualitas produk, dan reputasi kampus secara individu dan bersamaan terhadap kepuasan mahasiswa STIENU Jepara. Populasi adalah mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nahdlatul Ulama Jepara sampai dengan semester VII, dan sampel sebesar 90 responden. Pengambilan sampel menggunakan Stratified Proporsional Random Sampling. Alat analisis yang dipakai yaitu : Analisis Regresi Berganda, dan Pengujian Hipotesis. Hasil analisis regresi berganda didapat persamaan Y = 2,310 + 0,284X1 + 0,421X2 + 0,374X3, berarti variabel biaya, kualitas produk, dan reputasi kampus mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa. Hasil uji hipotesis t untuk biaya didapat thitung (2,486) > ttabel (1,671) dengan sig. 0,015 < α = 0,05, jadi biaya mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Hasil uji hipotesis t untuk kualitas produk didapat thitung (2,511) > t tabel (1,671) dan nilai signifikan 0,014 < 0,05, artinya kualitas produk mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Hasil uji t untuk reputasi didapat thitung (2,242) > ttabel (1,671) dan nilai signifikan 0,028 < 0,05, artinya reputasi kampus mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Hasil uji F didapat Fhitung (27,200) > Ftabel (2,76) dengan signifikan 0,000 < α = 0,05, berarti biaya, kualitas produk, dan reputasi kampus secara bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa.