PENGARUH TINGKAT KOMUNIKASI ANTARA GURU DENGAN SISWA TERHADAP PERKEMBANGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS. SAFINATUL HUDA 02 KEMUJAN KARIMUNJAWA JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Latar Belakang judul adalah Pada kenyataanya di lapangan, komunikasi antara guru dengan siswa cenderung kurang bahkan bisa di katakan tidak ada komunikasi antara guru dengan siswa. Sedangkan siswa dalam mempelajari atau menangkap pelajaran yang diberikan oleh guru, kebanyakan belum bisa menerima atau memahami materi tersebut, sehingga prestasi yang dimiliki siswa cenderung kurang bahkan cenderung menurun. Tujuan dalam penelitian ini adalah : Untuk mengetahui Komunikasi antara Guru dan Siswa di MTs. Safinatul Huda 02 Kemujan Karimunjawa Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016 . Untuk mengetahui Motivasi belajar Siswa MTs. Safinatul Huda 02 Kemujan Karimunjawa Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016. Untuk mengetahui Pengaruh Tingkat Komunikasi antara Guru dan Siswa Terhadap Motivasi belajar Siswa di MTs. Safinatul Huda 02 Kemujan Karimunjawa Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah metode angket, dan dokumentasi. Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs. Safinatul Huda 02 Kemujan Karimunjawa Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016 yang 40 siswa dan penelitian ini merupakan peneltian popupasi. Dari pembahasan teori yang telah diuraikan pada bab-bab sebelumnya, maka penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut : Tingkat Komunikasi antara Guru dan Siswa di MTs. Safinatul Huda 02 Kemujan Karimunjawa Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016dengan nilai rata-rata 69 dalam kategori baik karena terletak pada interval kategori 67 – 71 Motivasi Belajar Siswa MTs. Safinatul Huda 02 Kemujan Karimunjawa Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016dengan nilai rata-rata 70.4 termasuk kategori baik karena terletak pada interval kategori 68 – 73. Tingkat Komunikasi antara Guru dan Siswa mempunyai pengaruh yang positif Terhadap Motivasi Belajar Siswa MTs. Safinatul Huda 02 Kemujan Karimunjawa Jepara Tahun Pelajaran 2012/2013, setelah dibuktikan melalui uji hipotesis menunjukkan adanya signifikansi, baik 5% maupun 1%. Taraf signifikan 1% diperoleh 0,235, sedangkan para taraf signifikansi 5% sebesar 0,306. Ternyata ro = 0,407 > rt. Dengan demikian hipotesis sebagaimana di atas dapat diterima kebenarannya.