PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Studi Pada Usaha Kecil Menengah Tenun Ikat di Desa Troso Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara)
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, dan Inovasi Produk terhadap variabel Kinerja Pemasaran studi pada usaha kecil menengah (UKM) Tenun Ikat di Desa Troso Kacamatan Pecangaan Kabupaten Jepara. Variabel dependen dalam pnelitian ini yaitu Kinerja Pemasaran (Y), sedangkan variabel indenpennya adalah Orientasi Pasar (X1), Orientasi Kewirausahaan (X2), dan Inovasi Produk (X3). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu para pemilik usaha kecil menengah (UKM) tenun ikat di Desa Troso Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dan didapatkan jumlah sampel sebanyak 756 pemilik usaha kecil menengah (UKM) tenun ikat di Desa Troso Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analis regresi linier berganda program aplikasi software SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Kemampuan variabel independen dalam penjelaskan variabel dependen sebesar 41,2%, sedangkan sisanya sebesar 58,8% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.