Daftar Isi:
  • Peran pendidikan penting dalam menumbuhkan minat belajar siswa, berbagai peran, mulai dari pembenahan Sistem Pendidikan Nasional, pengaturan jenjang satuan pendidikan dan metodelogi pendidikan dengan pemantapan pendidikan yang diarahkan untuk meningkatkan kecerdasan, harkat dan martabat bangsa. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimana motivasi ibadah shalat siswa di MI Matholi’ul Huda 02 Damarwulan Keling Jepara. (2) Bagaimana peran guru Fiqh dalam memotivasi Ibadah sholat Siswa di MI Matholi’ul Huda 02 Damarwulan Keling Jepara. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskiptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi. Untuk menganalisis dilakukan dengan analisis selama pengumpulan data yakni secara induktif dengan menggunakan data deskriptif melalui penalaran logika sistematis terhadap data (keabsahan data) dan analisis data setelah data terkumpul dengan menggunakan tehnik triangulasi (membandingkan/memeriksa, mengecek keabsahan data) dengan hasil wawancara dan hasil isi dokumen. Hasil penelitian dilapangan Peran Guru Fiqh Dalam Memotivasi Ibadah Sholat Siswa Di MI Matholi’ul Huda 02 Damarwulan tergolong baik, dengan berbagai cara yang dilakukan mulai dianatara dengan adanya progam yang di terapkan di MI Matholi’ul Huda 02 yaitu jamaah Dhuha dan Dhuhur bersama, pembiasaan praktek gerakan sholat ketika materi Fiqh, keteladanan guru dalam melaksanakan sholat. Hasil yang di capai guru dalam memotivasi Ibadah Sholat Siswa MI Matholi’ul Huda 02 Damarwulan menunjukkan guru sangat berperan Sehingga Peran yang dilakukan oleh Guru di MI Matholi’ul Huda 02 Damarwulan Keling Jepara sangat baik dengan persentase rata-ratanya adalah 80,95 %.