Daftar Isi:
  • Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Untuk mengetahui bagaimanakah Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Al Qur’an Hadits di MTs. Mafatihut Thullab Surodadi Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018; 2) Untuk mengetahui bagaimanakah Problematika Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Al Qur’an Hadits di MTs. Mafatihut Thullab Surodadi Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu 1) Metode pengumpulan data, sebagai berikut: (a). metode observasi untuk mengamati secara langsung pada guru dan siswa waktu proses belajar mengajar mata pelajaran Al Qur’an Hadits siswa kelas VII ; (b) metode wawancara dengan megumpulkan data-data dari Kepala madrasah, Waka kurikulum, Guru mapel Al Qur’an Hadits, dan TU; (c) metode dokumentasi data mengenai letak geografis, stuktur organisasi, jumlah guru dan karyawan, pembelajaran Al Qur’an Hadits, jumlah siswa serta kondisifasilitas atau sarana prasarana ; 2) Metode Analisis Data, dalam penelitian ini penulis menyajikannya dengan menggunakan metode analisis data yang bersifat kualitatif. Untuk itu teknik yang digunakan dalam menganalisa data kualitatif ini, peneliti menggunakan teknik deskriptif analitik non statistik, yaitu penyelidikan yang tertuju pada masa sekarang atau masalah-masalah Hasil penelitian adalah dengan menggunakan kurikulum 2013 di MTs Mafatihut Thullab Surodadi Kedung Jepara dilakukan dengan pendekatan kepada peserta didik guna untuk menggali kepribadian, atau karakter peserta didik, menyusun perangkat pembelajaran berupa silabus yang disusun dengan guru MGMP dengan beberapa sekolah lain dan juga penyusunan RPP secara individu. Langkah-langkah kegiatan pembeajaran dalam RPP diorganisasikan menjadi kegiatan pendahuluan, Inti, dan penutup. Kegiatan inti ini dijabarkan lebih lanjut menjadi rincian dari kegiatan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, yakni : mengamati, menanya, mengunpulkan informasi, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan. Pada kegiatan inti guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik, yakni kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, serta mengkomunikasikan. Penilaian yang dilakukan di MTs Mafatihut Thullab Surodadi Kedung Jepara pada mata pelajaran AlQur’an hadits sesuai dengan kurikulum 2013 meliputi tiga aspek yaitu : sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Faktor penghambat dalam proses pembelajaran Al-Qur’an Hadis Kurikulum 2013 antara lain: Penilaian, Kesulitan guru dalam menjadikan peserta didik lebih aktif, Kesulitan guru dalam memancing siswa untuk bertanya, Keterbatasan sumber belajar (buku), Kegaduhan dilingkungan kelas/ sekolah