Daftar Isi:
  • Rumusan masalah : Skripsi ini membahas implementasi kurikulum muatan lokal untuk mencapai standar kompetensi kelulusan study di MTs Qudsiyyah Kudus. Kajiannya dilatar belakangi oleh sejak pemberlakuan SKB tiga menteri sehingga porsi pendidikan agama semakin berkurang, sehingga muncul pengembangan dan inovasi untuk menambah pengetahuan agama. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana implementasi kurikulum muatan lokal untuk mencapai standar kompetensi kelulusan di MTs Qudsiyyah Kudus? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum muatan lokal untuk mencapai standar kompetensi kelulusan di MTs Qudsiyyah Kudus? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi kualitatif lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi kurikulum muatan lokal untuk mencapai standar kompetensi kelulusan di MTs Qudsiyyah Kudus mencakup mata pelajaran yaitu Tafsir Al Qur’an, Hadits, Fiqih, Tauhid, Nahwu, Sharaf, Ilmu Falak, Ilmu Zej, Ilmu Faraidl, Badi’ Bayan, Ma’ani, Musthalah Hadits, Insya’, Usul Fiqih. Dalam proses pembelajaran terdapat tiga tahapan antara lain perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam pembelajaran yaitu ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, resitasi, dekte dan hafalan. (2) Faktor pendukung antara lain : Ketersediaan Sumber daya manusia yang memadai, dukungan pemerintah dalam bidang pendidikan, lingkungan yang mendukung dan religius, kompetensi Guru pengampu yang mumpuni pada bidangnya, Pimpinan Madrasah dan Yayasan Pendidikan Islam Qudsiyyah Kudus. sedangkan faktor penghambat antara lain keterbatasan alokasi waktu yang diberikan, banyaknya mata pelajaran muatan lokal, masih minimnya media/fasilitas/alat penunjang pembelajaran muatan lokal.