Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena perkembangan teknologi, berupa internet, termasuk didalamnya adalah situs web dan media sosial. Situs web dan media sosial dewasa ini telah menarik jumlah pengguna yang tinggi. Hal ini mendorong pemasar untuk melakukan sebuah metode promosi baru yang lebih efektif dan efisien, yaitu melalui media sosial dan situs web.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi online terhadap keputusan memilih Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara pada mahasiswa Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan mengambil sampel respondensebanyak 100 mahasiswa. Jumlah sampel tersebut diambil menggunakan teknik statified proportional sampling dari masing-masing fakultas. Variabel independen dalam penelitian ini adalah personal relevance (X1), interactivity (X2), messages (X3),dan brand familiarity (X4), serta keputusan pembelian sebagai variabel dependen (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan hasil regresi Y = 4,459 + 0,102X1 + 0,428X2 + 0,129X3 + 0,564X4.Dalam penelitian ini menggambarkan bahwa kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen dalam penelitian ini sebesar 36,9%, sebesar 63,1% dijelaskan faktor lain diluar penelitian ini. Secara simultan personal relevance, interactivity, messages,dan brand familiarity berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial, variabelpersonal relevance,dan messages tidak memiliki pengaruh kepada keputusan mahasiswa memilih Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. Sedangkan variabel interactivity dan brand familiarity berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara.