IMPLEMENTASI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM SRIKANDANG III BANGSRI JEPARA TP.2017/2018
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah kegiatan proses pembelajaran yang berlangsung di MI Miftahul Ulum Srikandang III Bangsri. Adapun tujuan penelitian ini yaitu (1) Mengetahui dan mendiskripsikan tentang implementasi pendekatan keterampilan proses pada materi bidang studi fiqih di MI Miftahul Ulum Srikandang III Bangsri Jepara. (2) Mengetahui implementasi pendekatan keterampilan proses pada mata pelajaran fiqih di MI Miftahul Ulum Srikandang III Bangsri Jepara. Penelitian ini menggunakan Metode kualitatif. Metodologi kuantitatif adalah yang dimaksudkan hanya dengan membuat deskripsi atau narasi dari suatu fenomena, tidak untuk mencari hubungan antar variabel, ataupun menguji hipotesis. Hasil pembahasan: Pembelajaran Fiqih di MI Miftahul Ulum Srikandang 03 dinilai sudah baik. Guru melakukan pembelajaran Fiqih dengan tujuan mengarahkan siswa dalam memahami, mengenal, menghayati dan mengamalkan hukum Islam yang mengarah siswa supaya taat dan bertaqwa kepada Allah SWT melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan serta pengalaman siswa sehingga menjadi muslim yang selalu bertambah keimanannya kepada Allah SWT. Dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran Fiqih tersebut, guru melakukan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan Proses. Implementasi model pembelajaran pendekatan keterampilan Proses dalam pembelajaran Fiqih di MI Miftahul Ulum Srikandang 03 berjalan dengan baik; mulai dari persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran, yang sesuai dengan komponen dan karakteristik serta hal-hal lain yang terkait dalam pendekatan keterampilan proses. Model pembelajaran pendekatan keterampilan Proses merupakan suatu model pembelajaran yang bertujuan untuk membantu guru mengaitkan materiyang telah diperoleh oleh peserta didik ke dalam dunia nyata. Siswa dengan segala potensi yang dimiliki, memungkinkan untuk mengembangkannya sendiri sehingga menjadi pengetahuan yang bermakna, baik sebagai individu, anggota keluarga maupun anggota masyarakat.