FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Tahun 2012 – 2017)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keputusan investasi (PER), keputusan pendanaan (DER), kebijakan dividen (DPR), profitabilitas (ROE), earning per share (EPS) dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan secara parsial. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI tahunll2012 – 2017. Pengambilan sampel dilakukan teknik sensus sampling dan data yang digunakan adalah data sekunder. Metode pengumpulan datalldenganllcara dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh keputusan investasi (PER), keputusan pendanaan (DER), kebijakan dividen (DPR), profitabilitas (ROE), earning per share (EPS) dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan pengolahan data melalui programllSPSS 20. Hasil penelitianllmenunjukkanllbahwalkeputusan investasi (PER), kebijakan dividen (DPR) dan profitabilitas (ROE) memiliki pengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Earning per share (EPS) memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan keputusan pendanaan (DER) dan ukuran perusahaan tidak bepengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.