IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN METODE YANBU’A DI TPQ MIFTAKHUL ULUM DESA BANTRUNG KECAMATAN BATEALIT KABUPATEN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016-2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: “Bagaimana Implementasi Pembelajaran Metode Yanbu’a Di TPQ Miftakhul Ulum Desa Bantrung Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2016-2017, faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data yang diperoleh berupa hasil wawancara, penemuan dokumentasi dan pengamatan melalui observasi. Penelitian dilakukan dengan analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan berdasarkan hasil wawancara, dokumentasi, dan observasi. Implementasi metode Yanbu’a dalam pembalajaran membaca dan menulis Al-Qur’an di TPQ Miftakhul Ulum secara umum sudah cukup baik. Adapun teknik implementasi tersebut meliputi tiga tahap kegiatan pembelajaran, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Faktor pendukung dalam pembelajaran metode Yanbu’a di TPQ Miftakhul Ulum meliputi: a) Kemampuan pendidik dalam pengelolaan kelas cukup baik sehingga pembelajaran dapat berjalan sesuai tujuan pembelajaran. b) Kompetensi profesional yang dimiliki oleh pendidik cukup baik, artinya pendidik cukup menguasai materi pembelajaran. c) Adanya buku panduan dalam menerapkan metode Yanbu’a sehingga memudahkan seorang Ustadz atau Ustadzah untuk mempelajarinya. d) Adanya pelatihan bagi seorang guru dalam menerapkan metode Yanbu’a. e) Adanya evaluasi yang dilakukan oleh pengurus TPQ setiap tiga bulan sekali. f) Sarana dan prasarana pembelajaran yang sudah memadai. Faktor penghambat meliputi dua unsur, yaitu dari unsur pendidik dan unsur peserta didik. Faktor penghambat dari unsur pendidik meliputi: a) Dukungan pembiayaan yang masih sangat minim sehingga menyebabkan bisaroh atau honorarium yang diberikan kepada pendidik masih jauh dari kelayakan. b) Administrasi yang berkaitan dengan pendidik seperti penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan administrasi lainnya belum tersusun dengan baik. Adapun faktor penghambat dari unsur peserta didik, antara lain: a) Peserta didik kurang disiplin dalam mengikuti pembelajaran, b) Konsentrasi dan daya tangkap peserta didik berbeda-beda.